Tips memilih backpack

Bacpack atau tas gunung, biasa disebut dengan istilah tas keril atau carrier merupakan salah satu perlengkapan wajib saat nanjak gunung ataupun traveling. Backpack adalah lemari, kulkas, sekaligus tempat peralatan dapur dalam setiap petualanganmu. Ibarat kantong Doraemon yang bisa memuat semua peralatan berpetualangmu. Namun memilih backpack tidaklah semudah itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan backpack sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kita.

Sebelum mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih backpack, ada baiknya kita mengenal tipe-tipe backpack terlebih dahulu:

  • Daypack

daypack

 

Memuncak, bersepeda, hiking dan berkeliling kota bisa dilakukan dengan membawa daypack yang simple. Selain ringan  dan murah, daypack juga merupakan item yang penting pada banyak petualangan outdoor. Banyak backpacker membawa daypack kecil untuk petualangan sehari mereka dari camp. Jika kamu mencari backpack untuk membawa air, sedikit  makanan dan mungkin satu atau dua pakaian, maka carilah daypack. Daypack dapat membawa 40 liter atau kurang dan terdiri dari beberapa jenis strap, aksesoris dan fitur.

 

 

 

 

  • Overnight

overnight

 

Tas overnight cukup besar untuk membawa perbekalan untuk dua atau tiga hari. Tas ini merupakan gabungan dari daypacks dan multiday pack, dilengkapi dengan kapasitas ekstra dan strap yang kuat. Ultralight backpacker biasanya menggunakan tas varian ini dan mengurangi semua item yang tidak penting untuk hiking dengan jarak yang jauh. Tas overnight berkapasitas antara 40 dan 60 liter.

 

 

 

 

 

  • Multiday

multiday

 

 

Tas klasik backpacker adalah tas multiday kapasitas 60-75 liter. Dengan frame yang kuat, strap pad yang tebal dan banyak fitur, tas ini dapat mengakomodasi segalanya untuk perjalanan lima sampai tujuh hari.

 

 

 

 

  • Expedition

expedition

 

Kamu akan memerlukan tas ini untuk perjalanan yang sangat panjang, berkemah musim dingin dan mendaki gunung. Kapasitasnya dapat mencapai 125 liter. Ketika kamu memilih tas expedition, ukuran yang tepat menjadi sangat penting.

Kamu juga harus mempertimbangkan standard dari berat maksimum adalah 40 % dari berat badan.  Membawa tas terlalu berat juga dapat menambah ketidaknyamanan untuk pembawanya. Cobalah untuk meminimalisasi berat dengan membeli gear yang diperlukan atau meninggalkan barang yang tidak sangat diperlukan.

 

 

  • Hydration

hydration

 

Tas hydration menyediakan cara yang berbeda untuk membawa air dan beberapa gear untuk perjalanan. Tas ini pilihan tepat untuk pelari, skiers, climber, atau siapa saja yang melakukan perjalanan panjang tanpa membutuhkan banyak barang. Tas hydration terdiri atas tempat air, yang disebut bladder atau reservoir, yang memiliki pipa air yang menjalar melewati strap bahu.

 

 

 

Sekarang, mari kita lihat beberapa poin yang bisa dijadikan acuan dalam pemilihan backpack yang baik:

  1. Rentang Waktu dan Tujuan Perjalanan

Lama perjalanan kamu akan sangat berpengaruh pada jenis backpack yang akan kamu bawa. Idealnya, semakin lama perjalanan, maka kapasitas backpack yang diperlukan juga semakin besar. Selain lama perjalanan, tujuan perjalanan juga penting. Untuk nanjak gunung misalnya, kamu paling tidak sudah mencari informasi mengenai gunung tujuan kamu sehingga bisa menentukan barang-barang apa saja yang akan kamu bawa nantinya sesuai dengan kebutuhan perjalanan.

 

2. Fitur

Tas ransel/ backpack saat ini memiliki berbagai fitur di dalamnya. Fitur ini bisa mempermudah dan berpengaruh juga bagi kenyamanan penggunaanya . Beberapa fitur yang biasanya terdapat pada backpack antara lain:

  • Strap pengangkat beban. dijahit ke bagian atas strap bahu, tersambung dengan body atas backpack. Ini merupakan bagian penting, yang mencegah body backpack melorot.Memilih-Tas-Gunung
  • Strap sternum. Strap pertengahan dada ini memungkinkan kita untuk merekatkan strap utama, sehingga strap tidak melebar dan menjaga keseimbangan bila posisi tubuh miring.
  • Top Loading. Tas paling atas. Biasa untuk menutup tas gunung. Fitur standar. Secara gampangnya, perlengkapan dan peralatan yang sering dipakai di taruh atas, yang jarang/mungkin tidak dipakai paling bawah. Urut dari yang paling berat, karena dengan menempatkan beban di atas, maka lebih meringankan saat dibawa. Ada yang bisa dilepas sehingga bisa digunakan layaknya tas pinggang. Biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering dipakai, peta, makanan ringan, obat-obatan.
  • Beberapa backpack menyedikan kantong khusus di depan/samping untuk tempat item2 yang sering digunakan agar lebih mudah saat akan diambil.
  • Sleeping Bag Compartment. Biasanya di kantong paling bawah. Bisa juga untuk peralataan lain sehingga tidak perlu membongkar ruang utama backpack saat ingin mengeluarkan sleeping bag/barang-barang yang diletakkan paling bawah.
  • Sirkulasi udara.  Sirkulasi udara yang baik dapat menghemat pengeluaran tenaga. Penghematan tenaga ini didapat dari berkurangnya panas yang dihasilkan tubuh, terutama di bagian punggung akibat kecilnya luas penampang ransel yang bersinggungan langsung dengan punggung. Selain itu, kualitas bahan ransel yang baik juga membantu pelepasan panas tubuh menjadi lebih optimal.
  • Bantalan. Bahan busa yang digunakan sebagai bantalan ransel sangat beragam. Ada yang keras, lembut, membal, lembam, tipis, tebal, dan lain-lain. Untuk kenyamanan, pilihlah bantalan back system yang tebal namun membal dan lembut (tidak kaku). Karena bantalan yang terlalu tipis membuat beban yang kita bawa akan terasa berat, sekali lagi, pilihlah bantalan bahu yang relatif tebal dan membal. Sesuaikan juga lebar shoulder strap dengan lebar bahu kita agar tidak menyakitkan dan terasa nyaman.

 

3. Ukuran Tubuh
Banyak diantara kita melakukan kesalahan dalam  memilih backpack yang cocok untuk badan kita bahkan lebih cenderung memilih berdasarkan kapasitas backpack. Padahal backpack besar belum tentu cocok dengan ukuran tubuh kita

  • Panjang Torso, diukur dari bawah tengkuk leher sampai pinggang. Patokannya bukan ukuran tinggi badan. Ada banyak ukuran panjang torso pada backpack, mulai dari XS sampai XL. Banyak dari backpack diantaranya menyediakan fitur penyesuaian dengan torso masing-masing.

torso-lengthUntuk mengetahui apakah backpack  memiliki ukuran yang sesuai dengan panjang-pendek torso kita, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakannya. Yang harus dilakukan pertama adalah, kencangkan shoulder strap, kemudian kencangkan dan kunci hip strap/hip belt. Bila posisi jatuh beban pas di pinggang, berarti ukuran back system ransel tersebut telah sesuai dengan panjang torso kalian. Namun, bila posisi jatuh beban berada di pinggul, berarti back system ransel tersebut terlalu panjang. Sebaliknya, bila posisi jatuh beban berada di atas pinggang, berarti back system ransel tersebut terlalu pendek.

Ukuran yang tidak sesuai dengan panjang torso, akan membuat kita mudah merasa lelah, karena bagian tubuh yang seharusnya terbebas dari tekanan kini dipaksa menanggung beban akibat terjadinya pergeseran titik jatuh beban.

 

  • Lingkar pinggang. Ukuran lingkar pinggang juga faktor penting. Jika berniat membeli tas import, cek dengan teliti, berapa minimal dan maksimal ukuran pinggang. Terutama buat yang mempunyai pinggang ramping. Hampir 80% dari backpack atau tas gunung menggunakan pinggang/pinggul untuk menyokong backpack. Secara sepintas, bahu lah yang bekerja keras membawa beban, namun tas-tas yang bagus, lebih mengfungsikan pinggul untuk menopang berat beban backpak. Ada beberapa tas yang bisa diganti sabuk pinggangnya (hipbelts), bagi yang memiliki pinggang yang ramping, sehingga bisa disesuaikan dengan pinggang.

 

  1. Bahan

Bahan yang bagus menunjukan kualitas dan harga yang sesuai. Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya, kenapa harga tas ransel/ backpack bisa sangat mahal? Salah satu faktor yang mempengaruinya adalah karena kualitas bahan yang bagus dan pastinya tidak mudah rusak. Jenis tas dengan menggunakan bahan polyester fabric dolby merupakan tas yang bagus karena kualitas bahannya yang tidak mudah sobek. Selain itu bahan backpack juga harus waterproof agar dapat melindungi isi tas bila sedang hujan.

 

Nah, udah tau jenis backpack seperti apa yang kamu butuhkan?  Ingat! Backpack yang baik adalah investasi jangka panjang. Pada awalnya, harga sebuah backpack  mungkin akan terasa  mahal. Intinya, apapun merk backpack  yang akan kalian beli, sesuaikanlah antara keperluan dengan kemampuan.

 

4 thoughts on “Tips memilih backpack

  1. Baru tau ttg torso length, ga bs beli online dong klo mesti pakai langsung. Ada cara lain ga untuk ngukurnya? Soalnya dekat sini yg jual keril untuk cew sulit nyarinya.. thanks

Leave a Comment here