Barang yang wajib dibawa saat nanjak gunung

Menentukan barang yang akan dibawa saat nanjak gunung itu gampang-gampang susah. Seperti  yang sudah kita tahu, kalau nanjak gunung itu termasuk aktifitas  berat dan menuntut kita untuk bertahan hidup di alam bebas.  Disatu sisi kita ingin membawa barang selengkap mungkin, namun disisi yang lain selain isi tas kita yang terbatas , kita juga harus memikirkan berat barang bawaan kita agar tidak menyulitkan saat nanjak gunung. Seberapa banyak barang yang harus kita bawa juga tergantung rencana dan persiapan kita, mau berapa lama dan berapa orang yang akan nanjak gunung. Di artikel ini, nanjakgunung.com akan membahas barang-barang wajib dibawa saat nanjak gunung untuk 2 hari atau lebih.

  1. Tas gunung/keril

Harus tas gunung? Ya kembali lagi, tergantung rencana kamu sih. Kalau berencana tektok (nanjak sampai puncak sebentar kemudian langsung turun dihari yang sama) mungkin tas ransel atau daypack saja sudah cukup, karena barang-barang yang dibawa tidak perlu banyak. Namun ketika kamu berencana untuk menghabiskan waktu 2-3 hari atau lebih di gunung, mungkin kamu akan membutuhkan keril  dengan ukuran minimal 40Liter. Jangan lupa bawa rain covernya, biasanya sudah satu paket dengan tas. Rain cover ini berfungsi  melindungi tas saat hujan.

  1. Sleeping bag dan matras

Suhu di gunung yang dingin membuat kamu sangat membutuhkan sleeping bag untuk tidur. Ada berbagai macam jenis sleeping bag, mulai yang berbahan dacron, polar hingga bulu angsa. Matras digunakan sebagai alas tidur, sehingga menghalangi  badan langsung bersentuhan dengan dinginnya tanah. Matras juga ada berbagai macam, jenis matras yang berlapis alumunium mungkin lebih praktis untuk dibawa karena dapat dilipat dan disisipkan ke dalam tas.

  1. Tenda

Jika kita menginap di gunung, tentu saja tenda ini wajib hukumnya untuk dibawa. Tenda ini berfungsi  melindungi kita dari angin, hujan, dingin, binatang, dan gangguan-gangguan lainnya. Pastikan jumlah orang dalam rombonganmu saat nanjak gunung, untuk menentukan berapa tenda yang perlu dibawa, mengingat tenda merupakan barang yang  berat untuk dibawa.

  1. Pakaian

Sebaiknya membawa dua jenis pakaian saat nanjak gunung:

– pakaian untuk beraktifitas atau mendaki, pilihlah pakaian yang menyerap keringat dan tidak mengganggu pergerakan,  tidak disarankan menggunakan celana jins. Pastikan kamu mencari info tentang jalur pendakian , beberapa gunung memiliki jalur pendakian yang dipenuhi tumbuhan berduri. Untuk jenis gunung seperti ini, disarankan untuk menggunakan celana panjang.

– pakaian untuk tidur, pilihlah pakaian yang hangat.

Kenapa harus dua jenis? Karena saat beraktifitas, tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat. Pakaian yang menyerap keringat akan membantu kita merasa nyaman saat perjalanan. Saat akan tidur, kamu perlu mengganti pakaian dengan pakaian kering dan hangat. Menggunakan pakaian yang sudah basah oleh keringat saat tidur justru akan membuat kamu akan merasa semakin kedinginan. Bawalah pakaian seperlunya, jangan terlalu banyak tapi jangan juga sampai kurang.

Selain pakaian tentu saja jaket juga barang wajib untuk dibawa, akan semakin bagus jika jaket yang dibawa selain bisa menahan dingin, juga bisa menahan air dan angin (waterproof dan windproof). Sarung tangan, kaos kaki dan kupluk/buff juga bisa membantu menghangatkan badan dari dinginnya suhu gunung.

  1. Sepatu / sandal gunung

Tidak disarankan untuk nanjak gunung menggunakan sepatu yang biasa kamu pakai ke mall, atau sandal jepit apalagi sandal hotel. Selain untuk kenyamanan, juga masalah safety. Sepatu / sandal gunung memang sudah dirancang sesuai dengan trek gunung, sehingga bisa melindungi kaki lebih maksimal. Selain itu sepatu kets biasa juga akan lebih licin ketika digunakan untuk nanjak gunung.

  1. Jas hujan

Jas hujan tentu saja berguna saat hujan. Letakkan jas hujan di tempat yang mudah dijangkau, agar ketika hujan tiba kamu langsung bisa menggunakan jas hujan saat itu juga.

  1. Alat makan & Alat masak

Alat masak dan alat makan tentu saja perlu kamu bawa jika berencana memasak di gunung. Bila kamu nanjak gunung secara berkelompok, alat makan pribadi seperti piring, gelas dan sendok sebaiknya dibawa oleh setiap anggota kelompok. Sedangkan peralatan masak untuk keperluan kelompok  seperti kompor , nesting , pisau, dan sebagainya bisa dibagi antar anggota kelompok. Sesuaikanlah peralatan masak dengan kebutuhan. Jika membawa makanan siap santap , mungkin kamu tidak perlu membawa peralatan masak terlalu banyak. Pilihlah peralatan yang mudah dibawa sekaligus bisa menghemat tempat, seperti misalnya gelas yang bisa dilipat, sendok yang bisa segaligus garpu dan sumpit, sehingga lebih efisien.

  1. Senter / headlamp

Senter/ headlamp tentu sangat berguna ketika malam hari. Jangan lupa untuk selalu membawa  baterai cadangan.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan merupakan prosedur darurat yang wajib dibawa saat nanjak gunung.  Obat – obat yang perlu dibawa antara lain obat luka luar (plester, alkohol, obat merah/betadine), multivitamin, obat anti alergi, obat flu dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki penyakit khusus, jangan lupa juga untuk membawa obat pribadi kamu. Beberapa pendaki juga menjadikan antangin dan minyak tawon sebagai obat-obatan wajib untuk dibawa saat nanjak gunung.

  1. Tisu kering dan tisu basah

Tisu dapat berguna untuk banyak hal, seperti membersihkan badan, peralatan makan dan masak hingga untuk keperluan buang air saat di gunung. Tapi jangan lupa ya, sampah tisu bekasnya jangan dibuang sembarangan.

  1. Kantong plastik

Kantong plastik dapat berguna untuk memisahkan pakaian yang kotor atau makanan. Kantong plastik juga berguna untuk menjaga barang-barang agar tidak basah saat hujan, juga wadah sampah-sampah bekas makanan dan tisu bekas untuk dibawa lagi saat turun.

  1. Makanan/Minuman dan logistik lainnya

Tentu kamu perlu membawa makanan dan munuman saat nanjak gunung, karena  tidak akan ada minimarket atau abang tukang nasi goreng saat di gunung. Pastikan makanan dan minuman yang kamu bawa cukup hingga saat turun gunung, jangan sampai kekurangan makan atau minum.Beberapa gunung sangat  minim sumber air yang berarti kamu perlu membawa air lebih banyak untuk keperluan mimum dan masak. Nah,  lagi-lagi mencari  info tentang gunung tujuan kamu sebelum berangkat jadi sangat penting.

Demikian barang-barang yang  wajib dibawa saat nanjak gunung menurut nanjakgunung.com. Ada ide lain atau mau menambahkan? Silahkan komentar  di bawah .

4 thoughts on “Barang yang wajib dibawa saat nanjak gunung

Leave a Comment here